Tuesday, January 31, 2017

PISANG dengan segala MANFAAT & OLAHANnya



Buah pisang adalah buah yang paling sering kita temui di sekitar kita karena buah ini tidak mengenal musim. Mengenai harga, tergantung pada kualitas dan jenis pisang yang kita inginkan. Dan menurut saya, buah ini termasuk buah yang tidak ribet untuk dikonsumsi. Bisa langsung dimakan setelah dikupas kulitnya. :D

Kalau kita sudah tidak asing lagi dengan buah pisang yang ada disekitar kita, rasanya masih ada yang kurang kalau kita tidak mengenal lebih jauh manfaat buah ini.
Banyak manfaat pisang sebagai obat karena pisang mengandung vitamin C, B dengan berbagai jenisnya, mineral (Mangan, kalium, magnesium) dan kandungan senyawa organik.

Manfaat untuk Kesehatan
Pisang mampu menurunkan berat badan karena tidak mengandung lemak tetapi pisang mengandung 90 kalori dan serat sehingga mudah dicerna. Kandungan serat yang dimiliki pisang dapat mencegah seseorang menjadi cepat lapar.  

Pisang bermanfaat mengatasi radang paru-paru, batuk, luka ginjal, kandung kemih, pengeroposan tulang pada orang dewasa. Pada anak-anak, konsumsi pisang akan membantu untuk perkembangan otak karena pisang juga mengandung fosfor.

Kandungan flouride pada pisang akan membantu kita melindungi gigi. Konsumsi pisang juga akan membantu kita dalam mencegah anemia, kekurangan zat besi, katarak, rabun senja, dan glaukoma. Tentunya semua itu dikonsumsi dalam batas normal, tidak berlebihan. Karena apapun yang berlebihan akan membawa dampak negatif :)

Manfaat Pisang untuk Perawatan kecantikan
Kandungan potassium pada pisang membantu kita dalam menjaga kelembaban kulit, mencegah kulit kering, mengatasi jerawat, membantu mengurangi keriput dan membantu mengatasi kulit berminyak.
Caranya adalah dengan mencacah pisang kemudian digunakan sebagai masker wajah.


Pisang dalam berbagai olahan
Bagi yang tidak suka ribet, mungkin mengkonsumsi pisang hanya sekedar begitu saja. Tapi kalau kita punya stok pisang dalam jumlah banyak, pastinya akan bosan. Berikut beberapa olahan yang bisa menjadi alternatif. Olahan berikut cukup mudah diaplikasi karena tidak perlu ahli di bidangnya :D


Pisang dikonsumsi dengan menambahkan susu coklat atau saus gula merah.


Pisang goreng. Semua orang pasti bisa membuat pisang goreng. Apalagi sekarang sudah banyak dijual tepung pisang goreng dalam kemasan. Hal ini mempermudah kita dalam mengoreng pisang tanpa perlu lagi repot membuat adonan tepung untuk pisang goreng.


Pisang dipakai untuk campuran es pisang raja. Kalau cuaca sedang panas, minuman ini bisa menjadi alternatif :) Untuk meraciknya juga mudah dan tidak harus menggunakan pisang raja. Kalau di rumah sudah punya sirup, selanjutnya potong-potong pisang, tambahkan susu putih atau bisa menggunakan santan bagi yang tidak suka susu, terakhir masukan potongan es :)



Pisang coklat keju. Mungkin untuk menu ini akan sedikit membutuhkan waktu dalam pengolahan. Pisang yang akan digunakan bisa kita rebus atau digoreng. Setelah masak, lumuri pisang dengan mentega, taburin dengan parutan keju, setelah itu tambahkan meses diatasnya dan terakhir sirami dengan susu coklat bila ingin rasa lebih NENDANG! :D


Olahan pisang panggang madu ini juga cukup mudah untuk diaplikasikan. 


Kolak pisang, olahan pisang yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Apalagi pada waktu bulan Ramadhan, saat menjelang waktu berbuka banyak penjual kolak pisang siap menjajakan dagangannya :)


Membuat jus pisang juga bukan hal yang sulit, asalkan di rumah kita ada blender...tinggal kita masukan buah pisang ke dalam gelas blender, tambahkan air, madu atau gula secukupnya jika ingin ada rasa manis (akan lebih baik tanpa menambahkan pemanis karena rasa manis dari pisang sudah cukup).


Untuk yang kreatif, olah keripik pisang ini menjadi alternatif. Tentunya untuk mewujudkannya membutuhkan waktu ekstra :D



Untuk membuat banana cake ini cukup membutuhkan waktu, aneka tambahan bahan (telur, tepung, dll). Jadi bagi yang waktunya sudah cukup  padat, mungkin di akhir pekan baru bisa dipraktekkan  :)

Selamat bereksperimen!!!

Jangan lupa ekspress delivery untuk saya ya :D





No comments:

Post a Comment